Laman

Keuntungan Beternak Ayam Hitam Cemani

Budidaya Ternak Ayam Hitam Cemani
Keuntungan Beternak Ayam Hitam Cemani - Seorang warga Pali mampu memelihara ayam cemani dengan cara diliarkan di sekitar rumahnya, siapa sangka ayam cemani yang mempunyai ciri khas seluruh badan hitam ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi satu ekor ayam mencapai Rp25 juta.


Puluhan ayam cemani yang di pelihara Hamidi, warga kelurahan Handayani Mulya kecamatan Talang Ubi kabupaten Pali, Sumatera Selatan ini mampu menghasilkan ayam Cemaini yang di pelihara secara diliarkan. Puluhan ayam cemani milik Hamidi ini memiliki keistimewaan tersendiri ayam ini memiliki anggota tubuh hitam, semua bulu kulit hingga darah dan tulangnya hitam semua.

“Puluhan ayam ini juga tidur di atas pohon tanpa harus disangkar,” ujarnya.

Menurut Hamidi, biasanya ayam cemani miliknya ini di gunakan untuk ritual tertentu bahkan ayam miliknya ini sudah banyak yang membelinya hingga ke pulau Jawa. Satu ekor ayam cemani yang sudah dewasa mencapai Rp25 juta, sedangkan yang masih kecil di hargai Rp5 juta.

“Untuk telur sendiri biasanya Rp150 ribu,” ujarnya.

Nah, bagi yang ingin mencari ayam Cemani bisa langsung datang ke tempat Pak Hamidi. Dirinya akan memberikan petunjuk untuk dapat memilih langsung ukuran yang diperlukan.