Laman

Harga Daging Ayam 2017 Melonjak Naik

Harga Ayam Pedaging 2017 Melonjak Naik
Harga Daging Ayam 2017 Melonjak Naik - Pedagang ayam di sejumlah pasar tradisional yang ada di Medan mengaku galau dengan kegiatan usaha mereka. Bagaimana tidak, saat ini mereka dipusingkan oleh harga ayam yang bertahan tinggi dari pemasok. Di sisi lain stok ayam layak jual juga minim.


Pedagang ayam di Pusat Pasar Medan, Sudirman (44) mengatakan, harga ayam hari ini diperdagangkan di kisaran harga Rp32 ribu-Rp35 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya hanya sekira Rp25 ribu per kilogram.

“Sudah lebih sepekan ini harga tinggi sekali. Kita bingung juga mau jualnya bagaimana. Apalagi kemarin sempat harga cabai juga naik gila-gilaan. Kita mau buat apa, yang naikkan bukan kita. Dari pemasok harga memang naik,” ungkap dia di Pusat Pasar Medan.

Hal senada juga dikatakan pedagang ayam lainnya Bintang (38). Dia mengaku tingginya harga ayam telah membuat omzet mereka berkurang drastis. Banyak masyarakat lebih memilih sumber protein lain selain ayam.

“Karena harganya segitu, pembeli lebih memilih beli ikan dibandingkan ayam. Apalagi sekarang stok yang ada ayamnya juga kecil-kecil. Jadi kita memang serba salah. Sudah empat hari ini omzet turun lebih dari 40%,” tukasnya.

Secara terpisah, peternak ayam di kawasan Sri Gunting Deliserdang Supriadi mengaku, kenaikan harga ayam terjadi seiring dengan turunnya produksi mereka. Kenaikan juga didorong oleh kenaikan harga pakan ternak.

“Iya memang ada tren kenaikan harga. Biaya produksi kita meningkat, jadi harga terpaksa kita naikkan,” tandasnya.